Tanda-tanda Ajaib

Viewed : 1,327 views

Matius 12:38-39
Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.”
Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Orang-orang Farisi dan ahli Taurat sebetulnya sudah banyak melihat tanda-tanda ajaib yang dibuat Tuhan Yesus, namun mereka tetap tidak percaya dan menuntut tanda terus, sehingga Tuhan Yesus tidak merespons mereka seperti apa yang mereka harapkan.

Apakah kita juga cenderung melihat tanda-tanda ajaib sebagai dasar dan alasan untuk percaya kepada Tuhan Yesus?

Banyak orang menuntut keajaiban sebagai bukti tentang keberadaan dan kuasa Allah. Mereka menuntut tanda-tanda ajaib sebagai barang bukti bahwa Allah Maha Kuasa. Salah satu penyebabnya karena kurang dewasa dalam memahami kehendak Allah. Atau boleh jadi karena sedang ada rasa kecewa dan memiliki akar pahit dalam dirinya.

Sesungguhnya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu jauh memikirkan bagaimana ajaibnya Allah. Sederhana saja.
Lihatlah keajaiban dalam diri kita!
Lihatlah keagungan Tuhan, bagaimana DIA mengatur keserasian fungsi organ tubuh kita sebagai karya Allah Pencipta!

Mazmur 139:14
Aku bersukur kepadaMU oleh karna kejadianku dasyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Allah lebih dari mampu membuat tanda ajaib, dan Dia dapat melakukan segala sesuatu di luar logika kita karena Dia Allah Yang Maha Kuasa. Akan tetapi masalahnya adalah: Allah tidak selalu harus melakukannya sesuai dengan keinginan kita.

Dalam hal ini seharusnya kita kagum dan hormat kepada Allah, karena Dia berotoritas dan Dia tidak di bawah apa yang kita mau. Yang jelas Dia mencintai dan sangat mengasihi kita… itu cukup!

Allah tahu apa yang terbaik bagi kita. Mungkin kita akan menjadi lebih baik dan dapat berjalan dalam ketaatan dan iman tanpa harus melihat dan merasakan tanda ajaib versi kita melalui banyak pergumulan hidup, dimana Tuhan tidak mendemonstarikan kuasa-Nya persis seperti jalan pikiran kita, walaupun Allah sesungguhnya berkuasa penuh atas apapun dan atas siapapun.

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribaah bersama keluarga.

Tuhan memberkati. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Renungan Lainnya :

Comments

comments