Semangat Melayani Tuhan

Viewed : 8,720 views

RENUNGAN
Roma 12:11
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Rasul Paulus mengingatkan agar kerajinan kita tidak kendor. Roh kita tetap menyala-nyala melayani Tuhan.

Dengan apa kita melayani Tuhan?

Kita dapat melayani Tuhan dengan harta benda yang kita miliki.

Pasti kita setuju bahwa kita butuh harta. Harta mengongkosi hidup kita. Salah satu tujuan kita bekerja, berusaha  dan berbisnis adalah untuk beroleh harta dan uang. Selain membiayai hidup kita, dengan uang yang kita peroleh, kita sungguh dapat melayani Tuhan.

Ketika ada kegiatan rohani membangun gedung gereja, dan sebagainya, kita berdoa dan berharap dicukupkan uangnya. Kitapun mendata orang-orang yang bisa dan punya hati untuk memberi. Itu artinya kita sangat butuh harta dan uang dan selayaknyalah kita sangat menghargai orang-orang yang rela memberi.

Harta dan uang adalah suatu bentuk pelayanan kita kepada Tuhan. Ada orang-orang tertentu yang dipakai Tuhan melayani melalui harta. Kedudukan mereka sama baik dan mulianya dengan orang-orang yang mendedikasikan dirinya melayani Tuhan secara penuh.

Kita dapat menyokong para hamba Tuhan, terutama untuk mereka yang melayani di front depan, di pedalaman sana yang sering amat sulit dengan keuangan.

Bagi kita yang belum mendapat kesempatan memberi melalui harta karena kondisi tertentu, tentu tidaklah masalah. Masih ada bentuk lain yang bisa kita beri dan persembahkan untuk Tuhan.
• Mungkin dengan waktu kita.
• Mungkin dengan pemikiran kita.
• Mungkin dengan tenaga fisik.
• Mungkin dengan keahlian tertentu.
• Mungkin dengan … … …

Dan satu bentuk pelayanan yang harus ada adalah melayani dengan menyiapkan generasi penerus yang takut akan Tuhan. Menyiapkan murid dan para pekerja yang sedia dan setia.

Apa yang kita lakukan saat ini?
Apakah kita sibuk dan sibuk terus tanpa ada kaitannya dengan Kerajaan Allah? Sayang sekali !

Biarlah kita memiliki hati untuk Tuhan dan hendaklah semua aktifitas kita berkaitan dengan rencana-Nya atas dunia ini dan terlebih atas diri kita.

Selagi ada waktu dan kesempatan, mari kita semangat melayani Tuhan melalu profesi dan panggilan kita.

Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus beserta kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

 

Comments

comments