Serahkanlah Segala Kekuatiranmu KepadaNya

Viewed : 1,218 views

RENUNGAN
1 Petrus 5:7
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab IA yang memelihara kamu

Dengan naik bus, sepasang suami istri melakukan perjalanan dari sebuah kota ke kota lain. Agak aneh, sang suami tidak langsung membeli tiket dari kota asal ke kota tujuannya. Dia berhenti di setiap terminal yang dilewati dan di sanalah dia turun untuk membeli tiket ke terminal berikutnya. Ada 4 kali dia membeli tiket selama perjalanannya.

Istrinya bertanya mengapa harus melakukan seperti itu, bolak-balik turun membeli tiket dan gonta-ganti kendaraan yang ditumpangi. Akibatnya selain melelahkan, harga tiket jatuhnya jadi lebih mahal.

Apa kata suaminya?

Suaminya menjawab, ”Saya khawatir, siapa tahu jantung saya mendadak kumat, sehingga kalau langsung dibeli tiket ke tujuan akhir tentu rugi tiket tak terpakai. Jadi dengan cara begini kita bisa menghemat biaya”

Jawaban suaminya mungkin terasa lucu menggelikan karena merisaukan hal-hal yang berlebihan, yang masih jauh.

Betapa sering kita khawatir tentang hal-hal yang masih jauh, yang mungkin saja hal tersebut tidak akan terjadi. Kita begitu risau dan khawatir memikirkannya.

Karena khawatir akan rejeki esok, nasi sepiring yang telah tersedia hari ini tidak dapat dinikmati lagi.
Karena bimbang apa yang akan terjadi tahun depan, pekerjaan yang dilakukan tahun ini jadi terbengkalai.

Kita sering cemas dan ragu-ragu akan hal-hal yang serba belum pasti. Perasaan dihantui oleh bayang-bayang dan pikiran menakutkan.

Mari menyerahkan hati dan pikiran kepada Allah. Tuhan yang tahu hari depan. Dia yang memampukan kita menghadapi dan melewati setiap pegumulan. Biarlah kita terus belajar percaya kepada tindakan dan rencana Allah atas hidup kita.

Memegang janji Allah serta tekun dalam doa merupakan kekuatan dan kunci kemenangan kita untuk dapat hidup damai dan bahagia bersama Dia.

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan melimpahkan kasih setia dan rakhmat-Nya kepada kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Renungan Lainnya :

Comments

comments