Mencari Kerajaan Allah

Viewed : 3,817 views

RENUNGAN
Matius 6:33
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Ayat di atas kembali mengingatkan kita tentang dua hal yang dinyatakan dalam dua kata yaitu carilah dan ditambahkan.

Kita disuruh mencari. Mencari artinya mengusahakan, memikirkan, mengutamakan, menemukan, menghidupi, merindukan… mungkin ada kata lain?

Ditambahkan artinya dilebihkan, bonus, tambahan upah, dan sebagainya.

Apa yang disuruh Yesus untuk kita cari?

Kita disuruh mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya. Kita disuruh melakukan pekerjaan Allah. Kita disuruh hidup sesuai dengan kehendak Allah. Taat. Agar hidup kita berpadanan dengan panggilan-Nya. Melakukan apa yang benar.

Lantas… Allah akan menambahkan apa yang kita perlu. Tuhan berikan bonus-bonus hidup. Kalau kita lihat ayat sebelumnya, Tuhan Yesus berbicara soal kekhawatiran akan makanan…soal pakaian… soal kebutuhan hidup… soal keinginan. Soal inilah yang sering menjadi pergumulan hidup kita.

Yang sering terjadi adalah kita lebih gigih mencari kenikmatan hidup dan keinginan hati dibandingkan dengan mencari kehendak Allah.

Kita sering terbalik dengan Matius 6:33, dimana kita mencari kesenangan diri terlebih dahulu… itu yang utama, lalu jika ada waktu lebih (itupun sudah syukur kalau terpikir), kita melakukan apa yang kita anggap sebagai melakukan kehendak Allah.

Kita sering khawatir manakala rejeki kita tidak sebesar perolehan orang lain. Kita panas hati jika jabatan kita didahului orang lain. Kita marah bila merasa hak-hak kita tidak digubris. Ini adalah wajar dan normal dalam level manusia. Jangan berada di sini, pindahlah ke level di atasnya.

Sebaliknya sering kita merasa tidak persoalan jika hidup kita tidak benar, tidak mempermasalahkan ketidaktertarikan kita untuk hidup melayani Tuhan, tidak terganggu pikiran kita berbuat salah asal rejekinya besar, tidak peduli dengan perilaku buruk asalkan uang banyak, dan sebagainya. Ini juga adalah level manusia… ini bukan posisi kita… berpindahlah ke level lain !, kita harus pindah ke level atas.

Janganlah kiranya kita hanya rajin mencari tambahan-tambahan hidup, tetapi lupa mencari yang utama… lupa menemukan kehendak Allah.

Walau banyak kedukaan dan kesulitan hidup, meski perjalanan hidup kita terseok-seok oleh banyaknya goncangan dari kanan kiri menghadang… tetaplah setia !, tetap pegang teguh kebenaran !, tetap cari Kerajaan Allah !… ini adalah di atas level manusia, semestinya kita berada di sini…. ini rumah kita !

Biarlah hari inipun kita mulai hari kita untuk berkomitmen mencari Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, itulah hendaknya menjiwai dan mewarnai seluruh pekerjaan, aktifitas dan tanggung jawab kita. Selebihnya nantikanlah uluran kasih sayang Tuhan untuk menambahkan apa yang Dia pikirkan baik dan cocok buat kita.
Puji Tuhan…!!!

Selamat bekerja…
Selamat beraktifitas…
Selamat melayani…

Tuhan menyertai dan memberkati kita senantiasa.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahĂșn 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

 

Renungan Lainnya :

Comments

comments