Nasihat Rasul Petrus

Viewed : 119 views

2 Petrus 1:10-13
Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.
Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.
Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.

Rasul Petrus merasa wajib mengingatkan orang-orang percaya untuk takut kepada Tuhan. Dia lakukan hal itu selama hidupnya… dia katakan melakukan hal itu sebelum dia menanggalkan kemah tubuhnya… sebelum dia meninggalkan dunia ini.

Apa yang dilakukan Petrus, menjadi teladan agar kita pun terus mengingatkan apa yang baik dan benar untuk kita lakukan bersama.

Dengan mengingatkan orang lain akan apa yang baik dan benar, tidaklah berarti kita lebih baik dan lebih benar. Boleh jadi malah orang lain lebih baik dan lebih benar dari kita, namun dengan cara demikianlah kita dapat saling membangun.

Saat kita mengingatkan orang akan apa yang baik dan benar, kitapun juga diingatkan oleh diri sendiri dan terlebih diingatkan oleh Roh Kudus bahwa kita juga perlu melakukan apa yang kita katakan. Apa yang kita katakan dan ingatkan, mungkin itu jugalah yang sedang kita pergumulkan.

Mari kita terus saling mendukung, saling mengingatkan, saling menasihati, saling meneguhkan, dan saling mendoakan. Sebagai murid Kristus, itulah mestinya salah satu tanggung jawab yang tidak pernah berhenti selama kita hidup.

Walaupun yang kita lakukan kecil-kecil saja dan seakan tak kelihatan karena seperti itu karunia dan kemampuan yang diberikan Tuhan kepada kita, tidak ada masalah. Maksimumkan dan optimalkan talenta dan karunia kita untuk memberi semangat dan motivasi ke orang lain.

Meski kita tidak bisa memberi daging sapi, hanya tempe saja yang sanggup kita beri… berilah! Atau boleh jadi hanya sambel saja, itupun boleh… kalau hanya itu yang ada pada kita. Yang penting orang dapat makan dan menjadi kuat, sehat dan segar.

Roma 15:14
Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.

Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus memberkati dan menyertai kita selamanya. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahĂșn 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Illustration created using DALLE-3 on Bing Image Creator

Renungan Lainnya :

Comments

comments