Meneladani Doa & Semangat Rasul Paulus

Viewed : 53 views

Kisah Para Rasul 26:28-29
Jawab Agripa: “Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!”
Kata Paulus: “Aku mau berdoa kepada Allah, supaya segera atau lama-kelamaan bukan hanya engkau saja, tetapi semua orang lain yang hadir di sini dan yang mendengarkan perkataanku menjadi sama seperti aku, kecuali belenggu-belenggu ini.”

Dalam tantangan berat, rasul Paulus harus menghadap raja Agripa. Dia disidang. Dalam kesempatan tersebut Paulus menyaksikan iman dan apa yang telah dia alami di dalam Kristus.

Raja Agripa sangat berkesan dan takjub mendengar kesaksian Paulus sehingga dia berkata, “Hampir-hampir saja kau yakinkan aku menjadi orang Kristen!”

Bagaimana rasul Paulus semangat dalam tekanan berat memberi inspirasi dan teladan serta menjadikan kita bersemangat sebagai saksi Yesus. Kita rindu untuk dipakai Tuhan menyaksikan kehidupan kita; bagaimana kita telah mengalami perjumpaan dengan Kristus.

Paulus berdoa agar semua orang yang hadir pada saat dia berada berbicara di hadapan raja Agripa; menjadi sama seperti dia; yaitu percaya kepada Yesus dan memiliki hati serta semangat sebagai saksi Kristus.

Kita tidak tahu bagaimana akhir kehidupan orang-orang yang mendengar kesaksian Paulus saat itu, karena tidak dituliskan. Tetapi sangat penting untuk kita teladani semangat dan doa rasul Paulus.

Kita berdoa agar melalui setiap keadaan hidup kita, susah atau senang, dalam situasi apapun, kita memiliki semangat yang sama dengan rasul Paulus.

Hanya saja mungkin situasi kita berbeda dengan situasi Paulus saat itu. Kita memang harus bijak dan berhikmat menyikapi masa kini. Akan tetapi prinsip dan semangat kita sama seperti Paulus.

Selamat beraktivitas. .
Selamat melayani.

Tuhan membuat kita mampu menjadi saksi-Nya di manapun kita berada.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahĂșn 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Illustration created using DALLE-3 on Bing Image Creator

Comments

comments