Cerdas Rohani

Viewed : 1,130 views

Yakobus 1:5
Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

Menjadi cerdas atau pintar adalah idaman semua orang. Kecerdasan dianggap sebagai cara ampuh untuk sukses. Pendapat ini ada benarnya tetapi tidak selalu. Ada orang yang kecerdasannya biasa saja, namun sukses dalam hidupnya. Banyak faktor membuat seseorang sukses tentunya.

Kecerdasan itu sendiri bukan hanya terletak pada intelek saja, tapi juga ada kecerdasan emosi yaitu kematangan hati. Cerdas hati membuat orang mampu mengendalikan dan membawa diri. Tentu ini amat dibutuhkan dalam membangun relasi dengan orang lain yang ujungnya dapat merupakan jembatan sukses.

Kecerdasan yang amat penting sebetulnya adalah cerdas rohani, yaitu hikmat yang datang dari atas. Hikmat diberikan oleh Allah. Cerdas rohani muncul dari kedekatan dengan Tuhan.

Cerdas rohani merupakan potensi atau kekuatan yang amat kuat dalam hidup seseorang. Cerdas rohani memberi ketenangan hati dan ketenteraman jiwa serta dapat membawa kesegaran fisik juga. Oleh sebab itu sangat perlu cerdas rohani. Penting kita memiliki hikmat dari Allah untuk menjalani hidup langkah demi langkah.

Selain faktor beruntungnya orang karena terlahir sebagai orang pintar, kecerdasan intelek juga dapat diasah dan diperoleh dengan ketekunan belajar ilmu pengetahuan
 melatih otak untuk berpikir.

Kecerdasan rohani didapatkan melalui hubungan yang dekat dengan Tuhan. Diperoleh dengan mengasah hati agar peka kepada apa kehendak Allah. Kecerdasan rohani berupa hikmat Tuhan dapat diperoleh dengan memintanya kepada Tuhan melalui doa.

Hikmat surgawi yang berasal dari Tuhan memampukan kita bertindak bijak dan tepat sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang Allah kehendaki. Itulah sebabnya kita perlu cerdas secara rohani agar kehendak Allah menjadi nyata dalam hidup kita. Dan bila kehendak Allah tergenapi dalam hidup kita, itulah hal yang amat indah..

Selamat beraktivitas.

Tuhah Yesus menyertai dan memberkati kita senantiasa. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahĂșn 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Photo by Marcos Paulo Prado on Unsplash

Renungan Lainnya :

Comments

comments