Tuhan Menjaga

Viewed : 1,237 views

RENUNGAN
Mazmur 146:9a
TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali

Mungkin banyak di antara kita yang pernah menjadi orang asing di daerah tertentu. Sebagai orang asing; hak-hak dibatasi, diperlakukan sebagai warga kelas dua atau lebih rendah. Tidak bisa menduduki posisi tertentu yang strategis. Jika ada kesalahan atau dipersalahkan, maka rasanya tidak ada yang dapat membela sepenuhnya. Harus cenderung mengalah dan harus pintar-pintar membawa diri.

Anak yatim adalah orang yang tidak memiliki ayah sebagai figur pemimpin dalam keluarga. Seorang merasa aman jika ayahnya ada. Ada perasaan percaya diri di samping ayah. Jika menjadi anak yatim, terasa sekali kehilangan figur tersebut.

Seorang ibu yang sudah menjadi janda akan merasa kehilangan yang mendalam. Pasangan yang selama ini setia mendampingi tidak ada lagi. Perasaan sepi muncul. Keindahan hidup yang pernah dirajut bersama tinggal menjadi kenangan indah.

Menjadi orang asing, anak yatim dan janda adalah posisi yang tidak menguntungkan bagi banyak orang karena merasa ada yang kurang. Perasaan ini begitu kuat di awal-awalnya. Namun Tuhan yang menjaga… Tuhan yang mengawal… Tuhan yang memelihara… Tuhan yang membela mereka.

Oleh karena itu siapapun kita yang merasa sebagai orang asing… sebagai warga yatim… yang telah ditinggal pergi oleh orang yang dicintai… tetaplah andalkan Tuhan. Tetaplah kuat dan tetaplah berkarya.

Bagi kita yang belum merasakan sebagai orang asing… orang yatim… ditinggal oleh orang yang dikasihi… perkuatlah diri kita di dalam Tuhan. Sebab tidak selamanya kita hidup bersama orang yang paling kita cintai di bumi ini. Ada saatnya kita harus berpisah… kita yang didahului atau kita yang mendahului… Itu pasti.

Dalam semua hal Tuhan saja yang dapat diandalkan sebagai Penolong, Penjaga, Pemelihara dan Pengawal yang setia selamanya.

Mazmur 121:5
TUHANlah Penjagamu, TUHANlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.

Selamat berlibur…
Selamat beraktifitas…
Selamat melayani…

Tuhan berkati. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahĂșn 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Comments

comments