Doa yang Dikabulkan Oleh Tuhan

Viewed : 2,019 views

Efesus 3:20
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita

Seandainya Tuhan secara langsung berkata kepada kita saat ini, dan Dia mempersilahkan kita meminta kepada-Nya apa saja, dan Tuhan bilang akan dikabulkan… apa kira-kira yang akan kita minta? Coba pikirkan sejenak !
Mungkin sulit juga menentukan pilihan, karena pada dasarnya:
• kita memiliki banyak sekali keinginan,
• kita tidak tahu sebetulnya apa yang paling baik dan pas untuk kita.
• Adakah alasan lain?

Yang jelas permintaan kita akan banyak berhubungan dengan kenikmatan dan kenyamanan hidup. Atau permintaan kita berhubungan dengan sesuatu yang membuat kita merasa status kita menjadi naik lebih tinggi. Boleh-boleh sajalah…

Akan tetapi belum tentu juga apa yang kita minta itu… itu yang paling cocok dan tepat untuk kita. Bukankah sering terjadi bahwa setelah kita beroleh sesuatu yang kita inginkan, justru tidak membuat kita menjadi lebih baik?

Justru adanya keinginan kita yang belum tercapai tidak apa-apa juga, malah membuat kita semakin bergantung dan mengandalkan Tuhan, membuat kita semakin dekat dengan Tuhan. Ini indah di hadapan Tuhan, walau kita merasa kecewa juga.

Hal ini tidaklah dimaksudkan agar kita tidak usah berdoa… bukan !
Kita sungguh perlu tekun berdoa. Berdoa harus menjadi gaya hidup kita… ditambah dengan gigih bekerja juga tentunya.

Ayat firman Tuhan dari Efesus 3:20 di atas menghibur dan menguatkan kita, bahwa Tuhan dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan.

Tuhan sanggup memberi melebihi kerinduan kita asalkan 2 hal terpenuhi yaitu:

  1. Pemberian-Nya baik bagi kita
  2. Tuhan dipermuliakan di dalamnya.

Kalau kedua unsur tersebut, atau salah satu tak terpenuhi, sanggupkah kita mengatakan tidak usah Tuhan berikan?, dengan berkata, “Jadilah kehendak-Mu Tuhan!”

Kita bersyukur memiliki Tuhan yang Maha Besar yang sanggup memberi lebih dari apa yang kita harap dan pikirkan.
Puji Tuhan !

Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat belajar.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Renungan Lainnya :

Comments

comments