Memperoleh Hikmat

Viewed : 1,781 views

RENUNGAN
Amsal 16:16
Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak

Dari segumpal tanah yang diperkirakan berisi perak, ada berapa persenkah perak tersebut di dalamnya?

Mungkin sangat sedikit, akan tetapi tetap diusahakan diolah agar diperoleh perak murni yang sedikit itu. Begitulah digambarkan usaha dan upaya memperoleh hikmat, bahkan melebihi.

Untuk apa hikmat?

Hikmat dibutuhkan untuk dapat menyikapi pelajaran kehidupan. Kehidupan sering tampak tidak bersahabat, namun dengan hikmat harus dihadapi, sehingga kehidupan yang sulit justru dapat Tuhan pakai memperbaharui karakter kita menjadi lebih baik.

Hidup ini tidak cukup dihadapi hanya dengan pintar saja, tetapi perlu hikmat dan kearifan.

Banyak orang cerdas otaknya tetapi tidak cerdas hatinya dan tidak baik karakternya. Orang-orang seperti ini banyak yang gagal dalam hidupnya. Sebaliknya banyak yang tampak biasa-biasa saja dan mungkin tidak menonjol, tetapi karena memiliki hikmat, maka dia berhasil dalam hidupnya. Hikmat tersebut datangnya dari Tuhan.

Orang yang bersandar dan taat kepada Tuhan akan lebih berhikmat. Daniel yang tinggal di Istana raja, hikmat dan kecerdasannya sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai lain di istana (Daniel 1:20). Daniel taat dan berkomitmen kepada Tuhan. Itulah awal hikmat Daniel.

Berdoalah dan perolehlah hikmat dari Tuhan karena Dialah sumber hikmat yang sesungguhnya. Hikmat Tuhan membuat kita lebih bijak dan lebih berhasil.

Selamat Hari Minggu.
Selamat Beribadah.
Selamat Melayani.

Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahĂșn 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Renungan Lainnya :

Comments

comments