Akan Tetapi Pertumbuhan Rohani Lain Sifatnya

Viewed : 120 views

Efesus 4:23 
Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu. 

Banyak orang berupaya agar penampilan fisiknya baik. Banyak promosi melalui iklan dalam media menawarkan produk untuk keperluan pertumbuhan dan perawatan fisik yang baik.

Ada banyak orang kelihatan risau karena usianya semakin menanjak. Dia merasa kekuatan fisik dan penampilannya sudah menurun.

Karena begitu pentingnya  arti pertumbuhan dan perawatan fisik; membuat tidak sedikit orang mengeluarkan biaya besar.

Tentu hal tersebut boleh saja asalkan masih dalam batas-batas wajar sesuai kemampuan.

Perawatan fisik perlu. Hanya saja yang perlu direnungkan adalah bagaimana dengan pertumbuhan rohani kita; apakah bertumbuh dan menjadi hal utama? Apakah ada pertumbuhan rohani kita?

Janganlah hanya pertumbuhan fisik saja yang diperhatikan. Ada semestinya yang lebih utama dan penting untuk terus menerus ditumbuhkan yakni pertumbuhan rohani kita.

Kondisi fisik kita boleh saja menurun karena memang begitulah sifatnya secara alami. Pertumbuhan fisik memiliki titik maksimum, sehingga jika titik itu terlewati kondisi fisik akan terus turun apapun usaha yang dilakukan untuk mencegahnya. Segala upaya meski dengan biaya besar, sifatnya hanyalah memperlambat terjadinya proses penurunan fisik kita. Akan tetapi pertumbuhan rohani lain sifatnya; semakin lama dapat semakin bertumbuh dan indah dan tidak memiliki batas. Itulah sebabnya Rasul Paulus mengatakan, “Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari” (2 Korintus 4:16).

Selamat beraktivitas…
Selamat melayani…

Tuhan menyertai dan memberkati kita.
Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Illustration created using DALLE-3 on Bing Image Creator

Comments

comments