Jangan Ada Perpecahan di Antara Kamu

Viewed : 125 views

1 Korintus 1:10
Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

Dalam sebuah organisasi terjadi dua pihak yang berselisih. Perselisihan memuncak dengan kata-kata tidak patut dan kasar keluar dari masing-masing pihak.

Persoalannya sederhana saja sebetulnya. Mereka kurang sepakat dengan pilihan jenis konsumsi dalam perayaan yang akan dibuat. Mereka panas-panasan dan bersikukuh dengan pendapat masing-masing. Terasa suasana memanas tidak kondusif. Sampai selesai acara rapat, tidak ada kesepakatan.

Apalah arti jenis makanan kalau hal itu membuat perpecahan. Itu hanyalah soal selera saja. Banyak hal sering menjadi persoalan yang berpotensi membuat anak-anak Tuhan tidak sehati… soal selera, soal seragam, soal warna, soal waktu, dan banyak soal sepele lainnya.

Rasul Paulus mengatakan agar kita sehati, sepikir dan setujuan. Dengan demikian daya dan kekuatan kita jadi semakin besar. Tujuan dan rencana Allah atas dunia ini semakin tergenapi melalui kesehatian kita. Kita dipakai Allah optimal. Hati kitapun damai dan diliputi sukacita. Inilah yang semestinya terjadi di antara kita.

Meski sehati sepikirpun kita, sering beban masih terasa berat, apalagi kalau kita terpecah belah.

Sebagai anak-anak Tuhan yang baik dan sebagai bagian dari jemaat Tuhan, mari kita bersatu dan sehati sepikir untuk saling membangun hingga kita menjadi lebih kuat. Ini akan menjadi kesaksian hidup kita.

Sebagai manusia ciptaan Allah yang telah ditebus Kristus dan telah lahir baru, mari membina kebersamaan kita untuk membawa terang Kristus di manapun kita berada. Untuk itu kita perlu dan sangat butuh sehati dan sepikir.

Selamat bekerja.
Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan senantiasa memberkati dan menyertai kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung.

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Illustration created using DALLE-3 on Bing Image Creator

Comments

comments