Allah yang Memberi Pertumbuhan

Viewed : 5,689 views

1 Korintus 3:6-7
Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.
Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.

Rasul Paulus menuliskan pentingnya kebersamaan dalam mewujudkan pekerjaan Tuhan di dunia ini. Ada yang menanam dan ada yang menyiram. Tergantung kesempatan dan apa yang disuruh Tuhan.

Yang terpenting adalah bahwa Allah yang memberi pertumbuhan; karena memang untuk membuat orang bertumbuh, Allah yang akan lakukan. Kita tidak sanggup membuat orang bertumbuh.

Sebab itu mari kita menyiapkan diri, apakah menanam atau menyiram… dua-duanya sama baiknya dan sama-sama penting.

Terkadang kita berperan untuk menanam memberitakan Injil dan tidak sampai, atau belum waktunya untuk menolong mereka langsung menerima Kristus.

Terkadang ada orang yang sudah dengar Injil, lantas Tuhan memakai kita meneguhkan mereka berdoa terima Yesus.

Tuhan juga memakai kita untuk menyiram… memfollow up orang-orang yang sudah percaya, agar mereka tetap dalam pertumbuhan yang Allah sedang kerjakan dalam hidup mereka.

Hal ini membuat mereka semakin dewasa dan paling tidak mereka akan sama dengan kita hatinya, bahkan kita doakan dan berharap agar orang-orang yang sedang kita layani menjadi lebih baik dari kita.

Apapun peran kita, kita adalah satu tim yang baik, yang membuat orang-orang tertarik dan percaya kepada Yesus. Mereka bertumbuh dalam pengenalan akan Yesus, teguh dalam iman dan pengharapan, serta hidup dalam kasih.

Mari kita tanpa henti terus berperan di dalam hal-hal yang kekal sifatnya.

Tetaplah semangat !!

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kita untuk berperan dalam menanam, menyiram, atau dua-duanya.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Image by Pexels from Pixabay

Comments

comments