Hendaknya Terangmu Bercahaya di Depan Orang

Viewed : 877 views

Matius 5:16
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

Ada banyak orang ingin kelihatan lebih baik dari orang-orang di sekitarnya karena menganggap dengan cara demikian dia dapat menjadi lebih berarti.

Mungkin hal ini ada benarnya, tetapi harus jujur diakui bahwa perasaan seperti itu mungkin didorong oleh gengsi dan harga diri yang tidak pada tempatnya.

Ada orang-orang yang mau mengorbankan apa saja bahkan kelihatan ”berbuat kebaikan” hanya sekedar agar terkesan lebih bernilai dan diakui orang lain. Sikap seperti ini bukanlah bentuk kebaikan yang diinginkan Tuhan.

Kebaikan yang mempermuliakan nama Tuhan dapat terjadi bila kasih Kristus bertumbuh dalam diri seseorang. Roh Tuhan mampu menggerakkan orang untuk hidup memuliakan Tuhan melalui perbuatan baik.

Bila tidak di dalam Tuhan, kebaikan yang dilakukan belumlah sempurna bahkan dapat barujung dalam pemuasan emosi dan harga diri saja.

Biarlah kebaikan kita menjadi nyata sebagai wujud dari apa yang dikatakan Tuhan Yesus, ”Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Betapa mulia dan luhur kepribadian yang berbuat kebaikan dengan merendahkan hati di dalam Kristus. Tidak merasa bersaing dalam berbuat apa yang baik dengan sesamanya. Mau berkolaborasi untuk maju bersama.
Terpujilah Tuhan.

Selamat beraktivitas.

Tuhan Yesus menyertai dan memberkati kita senantiasa. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Alamta Singarimbun adalah seorang Doktor dari Universitas Kyushu Jepang.Saat ini bekerja sebagai Dosen di Departemen Fisika ITB sejak tahun 1987 dan juga Dosen Agama & Etika Kristen Protestan di ITB sejak tahún 2011. Tahun 2013 ditahbiskan sebagai Pendeta Kampus (Campus Chappel) di Gereja Anglikan Indonesia. Baca selengkapnya

Photo by Laura Hope on Unsplash

Renungan Lainnya :

Comments

comments